FAQ | Frequently Asked Question terkait Tagihan Karya Siswa


1. Berapa lama proses reimburse tagihan sampai dengan cair?
Dalam kondisi normal, proses dari dokumen lengkap sampai cair adalah 1-2 minggu, karena melalui proses verifikasi dan KPPN


2. Rekening saya dulu pernah digunakan sebagai rekening gaji, tetapi sekarang tidak, apakah bisa digunakan?
Tidak bisa. Selama rekening tersebut tidak dihapus oleh KPPN sesuai dengan permintaan satker, rekening dimaksud tidak bisa digunakan. Untuk kepastikan, bisa dilakukan cek di OMSPAN.


3. Saya tidak mempunyai kartu kredit, apakah bisa menggunakan kartu kredit milik orang lain?
Bisa, syaratnya dengan melampirkan surat kuasa penggunaan kartu kredit. Namun, pastikan Anda selalu meminta tagihan CC secara rutin.


4. Kampus saya meminta tuition dibayarkan, padahal VISA belum jadi. Apa yang harus saya lakukan?
Hubungi pihak kampus untuk menyampaikan kebijakan keuangan pemerintah kita dengan melampirkan Financial Guarantee. Jika kampus tetap mengharuskan untuk membayar tuition tersebut sebelum VISA terbit, maka karyasiswa dapat menggunakan mekanisme tuition deposit sesuai dengan PER-4/PP/2021.


5. Bolehkah berangkat ke negara lokasi perguruan tinggi hanya untuk mengambil ijasah, sementara posisi saya adalah menjalankan kuliah online dari Indonesia?
Tidak. Biaya perjalanan yang dapat dibayarkan sesuai aturan adalah untuk menjalankan program studi.


6. Kapan shipping allowance bisa kami pakai?
Shipping Allowance dapat digunakan untuk kepulangan karyasiswa kembali ke Indonesia atau ke kota asal. Pada saat keberangkatan menuju kota lokasi perguruan tinggi, biaya kepindahan sudah ter-cover melalui Settling In Allowance.


7. Apakah student exchange program atau internship atau benchmarking bisa dibayarkan?
Pada dasarnya jika program tersebut tercantum dalam LoA dan menjadi persyaratan kelulusan karyasiswa maka bisa dibayarkan melalui tuition yang ditagihkan kampus. Living allowance mengikuti lokasi di mana karyasiswa melaksanakan program dimaksud.


8. Bisakah karyasiswa program Linkage mengikuti tes IELTS setelah memulai kuliah program dalam negeri (contoh: untuk memperbaiki nilai writing)?
Jika memang belum menggunakan 2x kesempatan tes IELTS yang menjadi haknya dan untuk memenuhi persyaratan kampus, maka diperkenankan.


9. Apakah jasa penerjemah bisa di-reimburse?
Tidak


10. Kapan visa prioritas dapat digunakan
Visa Prioritas hanya diperbolehkan untuk alasan mendesak (mis: visa reguler membutuhkan waktu penyelesaian lebih lama namun masa perkuliahan segera dimulai).


11. Allowance LN dihitung sejak (sampai) kapan?
Untuk tanggal mulai dibayarkan allowance LN, dilihat dari tanggal keberangkatan yang tertera pada tiket sesuai dengan masa surat tugas belajar. Untuk allowance menjelang kepulangan apabila kurang dari 1 bulan, dilihat mana yang lebih kecil antara uang harian perjalanan dinas luar negeri (tercantum dalam Standar Biaya Masukan tahun berjalan) dan indeks tunjangan biaya hidup karyasiswa yang ada di KMK 150 tahun 2020.


12. Bagaimana dengan tagihan yang jumlah nominalnya tidak penuh (dengan sen, contoh: Rp150,38)?
Secara umum, pembulatan dilakukan ke bawah. Dalam kasus ini berarti tagihan tersebut menjadi Rp150. Khusus untuk tuition, pembulatan dilakukan ke atas.


Tidak ada komentar

Silakan Ajukan Pertanyaan atau Komentar atau Saran di kolom ini.
Mohon menuliskan nama lengkap dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan.

Diberdayakan oleh Blogger.