Tes Potensi Akademik (TPA)

A. Informasi

Tes Potensi Akademik (TPA) terdiri dari tiga subtes yaitu Verbal, Numerikal, dan Figural. Adapun keterangan dan rincian dari masing-masing tes adalah sebagai berikut:

1. Subtes Verbal
Subtes Verbal adalah tes yang mengukur potensi atau kemampuan seseorang melalui pertanyaan/soal yang berupa verbal atau bacaan.

2. Subtes Numerikal
Subtes Numerikal adalah tes yang mengukur potensi atau kemampuan seseorang melalui pertanyaan/soal yang angka, cerita, maupun data.

3. Subtes Figural
Subtes Figural adalah tes yang mengukur potensi atau kemampuan seseorang melalui pertanyaan/soal yang gambar/figur.

B. Tata Tertib

Berikut adalah tata tertib yang harus diperhatikan oleh peserta:
  1. Mengerjakan tes dengan jujur dan mandiri.
  2. Tidak diperbolehkan menggunakan kamus, alat komunikasi, alat bantu hitung seperti kalkulator, atau alat bantu sejenisnya selama pelaksanaan tes berlangsung.
  3. Menonaktifkan ponsel selama pelaksanaan tes.
  4. Diperkenankan menggunakan alat tulis dan kertas selama pelaksanaan tes berlangsung dan disiapkan sebelum melaksanakan tes.
  5. Tidak diperbolehkan untuk makan dan minum selama pelaksanaan tes berlangsung. Peserta disarankan untuk makan dan minum sebelum memulai pengerjaan tes.
  6. Tidak diperbolehkan untuk ke toilet selama pelaksanaan tes berlangsung. Peserta disarankan untuk ke toilet sebelum memulai pengerjaan tes.

Tidak ada komentar

Silakan Ajukan Pertanyaan atau Komentar atau Saran di kolom ini.
Mohon menuliskan nama lengkap dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan.

Diberdayakan oleh Blogger.