Launching SIMBARA dan Penandatanganan MoU Sistem Informasi Terintegrasi dari Kegiatan Usaha Hulu Migas

Daftar Isi



Youtube


Poster [Show | Hide]

 




Deskripsi [Show | Hide]

 Sesuai Pasal 46 UU Nomor 9 Tahun 2018, Menteri Keuangan melakukan pengawasan pengelolaan PNBP. Sebagai pelaksanaan ketentuan tersebut di atas, Kementerian Keuangan (DJA, LNSW, DJBC, dan DJP) bersinergi dengan Kementerian ESDM, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Perhubungan untuk mengintegrasikan probis dan data minerba dari hulu ke hilir dalam rangka pengawasan PNBP. Selanjutnya integrasi probis dan data antar K/L ini lebih dikenal dengan nama SIMBARA.

SIMBARA dilakukan untuk mewujudkan satu data minerba antar K/L, meningkatkan kepatuhan dan efektivitas pengawasan serta optimalisasi penerimaan negara. Selanjutnya dalam rangka pelaksanaan SIMBARA tersebut, telah diterbitkan PMK No. 214/PMK.02/2021 tanggal 31 Desember 2021 tentang Pengawasan PNBP Minerba Melalui Sinergi Probis dan Data Antar K/L. Berdasarkan PMK tersebut maka Implementasi SIMBARA khusus ekspor batubara dilaksanakan mulai awal Februari 2022 dan untuk penjualan batubara domestik serta mineral diimplementasikan paling lambat Oktober 2022.

Upaya sinergi antar instansi pemerintah tidak hanya dilakukan di sektor minerba. Melalui Program Sinergi Kementerian Keuangan Tahun 2022, Kementerian Keuangan bersama Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Migas (SKK Migas) berkomitmen untuk melaksanakan kerja sama Pengembangan dan Pembangunan Sistem Informasi Terintegrasi dari Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi, yang telah dirintis sejak tahun 2014. Melibatkan 7 (tujuh) Unit Eselon I di lingkungan Kementerian Keuangan, yaitu: DJA, DJP, DJBC, DJKN, DJPb, LNSW, dan Setjen Kementerian Keuangan, kerja sama ini akan diresmikan melalui Penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) yang dilaksanakan pada 8 Maret 2022, untuk mewujudkan transparansi pengelolaan dan pengawasan kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi yang lebih optimal.



Tidak ada komentar

Silakan Ajukan Pertanyaan atau Komentar atau Saran di kolom ini.
Mohon menuliskan nama lengkap dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan.

Diberdayakan oleh Blogger.