FAQ | Frequently Asked Question terkait Ujian Online

1. Safe Exam Browser tidak menampilkan halaman ujian.
Bukalah file setting SEB yang dikirim oleh penyelenggara ujian


2. Safe Exam Browser Locked, menampilkan warna merah
Unlock menggunakan password keluar SEB yang sudah disampaikan penyelenggara. Supaya tidak terulang, PC yang akan digunakan ujian di matikan setting lock/sleep.


3. Waktu mulai dan selesai pada Daftar Session terlihat NaN-undefined pada tampilan pengawas
Gunakan browser google chrome, chromium, atau microsoft edge


4. Peserta datang terlambat di subtes pertama.
Sebelum peserta diberikan token ujian, edit waktu peserta pada menu edit, sebanyak waktu yang sudah digunakan oleh peserta yang mulai pertama ujian di ruangan tersebut. Waktu yang dimasukkan dalam satuan detik.


5. Peserta tidak hadir saat ujian.
Ubah status peserta di subtes pertama menjadi blokir. Beri catatan pada menu catatan peserta.


6. Peserta gagal login karena lupa password atau salah mencatat dari proses verifikasi
Pengawas dapat mengubah password peserta melalui menu edit peserta. Password minimal 6 karakter.


7. Pengawas tidak bisa login di aplikasi pengawas.
Login Aplikasi pengawas adalah https://klc2.kemenkeu.go.id/cat-admin/login?petugas=true. Untuk ASN yang memiliki NIP, silakan login menggunakan user SSO Kemenkeu dan pastikan SSO sudah di check list. Apabila lupa password SSO, silakan menghubungi service desk Pusintek. Untuk Non ASN, silakan login menggunakan user dan password yang telah diberikan, SSO tidak di check list. Apabila gagal login, silakan menghubungi panitia.


8. Pengawas tidak melihat daftar ruang/peserta di aplikasi pengawas.
Hubungi Panitia Pusat


9. Pada saat login muncul tulisan fatal error.
Terjadi masalah koneksi ketika login. Silakan di refresh. Apabila masih error silakan hubungi petugas IT untuk memastikan jaringan di PC tersebut normal.


10. Peserta mengalami kegagalan ketika submit ujian.
Data tersimpan di lokal, peserta diminta tidak panik. Exit dari aplikasi SEB. Pastikan internet lancar. Masuk lagi ke SEB. Peserta login dan memilih menu ujian sebelumnya. Peserta mensubmit data yang belum tersbumit karena error. Dicatat di aplikasi.


11. Berapa batas waktu maksimal peserta dianggap mengalami permasalahan jaringan di tengah ujian?
Apabila sudah muncul tulisan berwarna orange (last update peserta lebih dari 2 menit) segera hubungi Petugas IT. Petugas IT memastikan internet peserta normal. Setelah normal, pengawas memastikan status peserta sudah up date.


12. Peserta belum selesai ketika waktu ujian berakhir.
Aplikasi akan automatis mensubmit jawaban peserta. Jawaban tersimpan di server.


13. Komputer peserta error di tengah ujian.
Pengawas menset status peserta ke siap. Pengawas memastikan PC yang error sudah mati. Peserta dipindah ke PC baru. Peserta mulai mengerjakan dengan sisa waktu yang ada.


14. Server ujian down di tengah peserta mengerjakan ujian
Peserta yang belum mensubmit ujian di subtes yang sedang berjalan tetap dapat mengerjakan dan mensubmit ujian. Peserta akan mengalami error ketika submit. Peserta diminta tidak khawatir dan tidak melakukan apa-apa di komputer ujian. Ujian tidak dilanjutkan ke subtes berikutnya. Pengawas lapor ke Panitia Pusat. Setalah server normal, lakukan prosedur eror submit ujian.


15. Bagaimana cara pengawas memantau peserta pada aplikasi pengawas?
Aplikasi memiliki fitur early warning pada peserta yang tidak update progresnya. Waktu update akan berubah ke warna kuning jika peserta tidak update selama 2 menit dan akan berwarna merah jika sudah tidak update selama 4 menit atau lebih. Pengawas fokus memantau warna pada waktu update peserta, apabila muncul kuning, lihat tampilan monitor peserta dan cek jaringan. Apabila masih terkendala dan berwarna merah, hubungi petugas IT/panitia pusat untuk membantu permasalahan. Pengawas harus memperhatikan waktu dalam tiap subtes, selesaikan kendala peserta yang kuning/merah sebelum waktu pengerjaan di subtes tersebut selesai. Peserta mencatat dengan lengkap semua kejadian dan mencantumkan nama peserta yang tidak hadir serta nama pengawas (bila login dengan status non-PNS) dalam catatan pengawas.


16. Bagaimana cara melihat token yang akan disampaikan ke peserta?
Pengawas dapat melihat token peserta 3 menit sebelum subtes berikutnya dimulai pada menu edit peserta di aplikasi pengawas. Token berbeda di tiap subtes namun sama di 1 ruangan.


17. Daftar peserta yang muncul di aplikasi tidak sesuai dengan daftar peserta riil di ruangan?
Pengawas menyampaikan kejadian ke panitia pusat. Panitia pusat menyampaikan token ruangan yang benar. Panitia pusat memperbaiki upload nama pengawas yang sesuai dengan ruangan ujian di subtes tersebut.


18. Terjadi mati listrik ketika ujian
Peserta dan panitia menunggu situasi normal kembali. Pengawas menset status peserta ke siap. Peserta mulai mengerjakan dengan sisa waktu yang ada.


19. Kejadian Force Majeur
Kebakaran, kebanjiran, demo. Peristiwa yang mengakibatkan ujian tidak bisa dilaksanakan di 1 lokasi dan harus diundur. Koordinator Lokasi bisa memundurkan/memindahkan sesi atas persetujuan panitia pusat.


20. Permasalahan baru yang belum ada di sini
Silakan tuliskan permasalahan baru tersebut di halaman ini. Panitia Pusat akan mengupdate QnA Apabila diperlukan.


Tidak ada komentar

Silakan Ajukan Pertanyaan atau Komentar atau Saran di kolom ini.
Mohon menuliskan nama lengkap dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan.

Diberdayakan oleh Blogger.