Mengenal Microsoft Office

Microsoft Office
Mengenal Microsoft Office

Microsoft Office atau bisa juga disingkat Office adalah perangkat lunak paket aplikasi perkantoran buatan Microsoft dan dirancang untuk dijalankan di bawah sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X. Beberapa aplikasi di dalam Microsoft Office yang terkenal adalah Excel, Word, dan PowerPoint.

Microsoft Office tidak hanya Microsoft Word, Excel atau PowerPoint saja. Setidaknya ada 12 jenis Microsoft Office yang dapat membantu pekerjaan dan tugas kita. (Klik Tampilkan untuk membuka)

Microsoft Word [Tampilkan | Sembunyikan]

Microsoft Word merupakan salah satu jenis Microsoft Office yang populer dan paling sering digunakan oleh banyak orang. Aplikasi ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1983 dan memiliki berbagai macam versi. Versi terbarunya yakni Microsoft Word 2021.

Microsoft Word adalah aplikasi pengolah kata yang mana semua pekerjaan yang berhubungan dengan pengolahan kata dapat dikerjakan di aplikasi ini. Melalui aplikasi ini kamu bisa menulis surat, membuat tabel serta memasukan gambar.

Selain itu, fungsi Microsoft Word adalah membuat tulisan dengan berbagai variasi dan membuat desain sederhana. Aplikasi ini digunakan oleh berbagai kalangan mulai dari pelajar hingga para profesional.


Microsoft Powerpoint [Tampilkan | Sembunyikan]

Jenis Microsoft Office selanjutnya adalah Microsoft Powerpoint. Aplikasi yang satu ini sering digunakan di perkantoran, bisnis hingga pendidikan.

Microsoft Powerpoint digunakan untuk membuat bahan presentasi berbentuk slide. Disini kamu bisa menambahkan gambar, audio, video serta animasi yang menarik untuk slide presentasi.

Selain itu, Microsoft Powerpoint memmudahkan kamu untuk mengedit maupun menambahkan slide pada presentasi. Banyak template presentasi yang apik bisa kamu gunakan.

Kamu juga dapat mencetak slide presentasi dengan mudah pada aplikasi ini.


Microsoft Excel [Tampilkan | Sembunyikan]

Microsoft Excel merupakan bagian dari Microsoft Office yang digunakan untuk mengolah data baik berupa angka maupun grafik. Melalui aplikasi ini kamu dapat membuat jurnal keuangan, laporan akuntansi, tabel dan banyak lainnya.

Selain itu, fungsi Microsoft Excel juga sebagai lembar kerja spreadsheet dengan beragam fitur kalkulasi yang akurat. Kamu dapat memasukkan rumus dan juga logika untuk melakukan perhitungan secara otomatis.


Microsoft Outlook [Tampilkan | Sembunyikan]

Jenis Microsoft Office yang keempat adalah Outlook. Aplikasi ini merupakan pengolah informasi pribadi yang berfungsi untuk membaca dan mengirim surat elektronik atau email.

Microsoft Outlook juga memiliki fungsi lainnya seperti membuat jurnal, catatan, jadwal kerja hingga kalender.

Program yang satu ini tidak hanya dapat dijalankan pada laptop atau komputer saja. Selama perangkat kamu memiliki windows, kamu bisa menggunakan aplikasi ini.


Microsoft OneNote [Tampilkan | Sembunyikan]

Microsoft OneNote merupakan bagian dari Microsoft Office lainnya yang berfungsi sebagai kertas catatan. Tidak hanya tulisan, kamu bisa memasukkan gambar, objek dan mencoret-coret.

Selain itu, aplikasi ini dapat menampilkan screenshot. Kamu juga bisa memberi komentar lalu membagikannya kepada rekan kerjamu.

Dengan OneNote, kamu bebas menulis atau meletakkan gambar di bagian mana pun sama halnya kamu menulis di kerta. Aplikasi ini sering digunakan untuk membuat to do list, mencatat ide, brainstorming, dan sebagainya.


Microsoft OneDrive [Tampilkan | Sembunyikan]

OneDrive (nama resmi Microsoft OneDrive, sebelumnya SkyDrive, Windows Live SkyDrive, dan Windows Live Folders) adalah layanan komputasi awan serupa dengan Dropbox dan Google Drive yang memungkinkan penggunanya mengunggah dan mensinkronkan berkas ke suatu penyimpanan awan dan kemudian mengaksesnya melalui peramban Web atau perangkat tertentu.

Layanan ini dibuat oleh Microsoft dan merupakan bagian dari layanan daring Windows Live dan memungkinkan pengguna menyimpan berkas-berkasnya secara pribadi, membagikannya dengan orang-orang dalam kontak, atau menjadikan berkas-berkas bersifat umum.

Berkas-berkas yang dibagikan untuk umum tidak memerlukan akun Microsoft untuk mengaksesnya. 


Microsoft Teams [Tampilkan | Sembunyikan]

Microsoft Teams adalah sebuah platform komunikasi dan kolaborasi terpadu yang menggabungkan fitur percakapan kerja, rapat video, penyimpanan berkas (termasuk kolaborasi pada berkas), dan integrasi aplikasi.

Aplikasi ini terintegrasi dengan langganan Office 365 dan juga dapat diintegrasikan dengan produk selain buatan Microsoft.

Microsoft Teams adalah kompetitor Slack, serta merupakan hasil evolusi dan peningkatan dari Microsoft Skype for Business.


Microsoft Frontpage [Tampilkan | Sembunyikan]

Microsoft Frontpage merupakan program yang berfungsi untuk mengedit html dan alat bantu administrasi situs web. Dengan aplikasi ini kamu dapat mengedit atau mendesain ulang situs web meskipun situs web tersebut sudah online.

Salah satu fitur populernya yakni Template Web yang otomatis. Terdapat navigasi otomatis dan kamu juga bisa merancang tampilan web seperti yang kamu inginkan.


Microsoft Access [Tampilkan | Sembunyikan]

Jenis Microsoft Office selanjutnya adalah Microsoft Access. Program aplikasi ini digunakan untuk mengolah database atau basis data. Database tersebut nantinya berfungsi sebagai input dan diolah yang kemudian menjadi informasi.

Melalui aplikasi ini, kamu bisa memanipulasi data hingga membuat software. Selain itu, aplikasi ini juga mudah dioperasikan dan tidak membuang banyak waktu. Sayangnya, banyak fitur dalam program aplikasi ini yang berbayar.


Microsoft Visio [Tampilkan | Sembunyikan]

Microsoft Visio merupakan program aplikasi yang digunakan untuk membuat diagram, flowchart, skema jaringan dan brainstorm. Aplikasi ini sangat memudahkan kamu karena menggunakan fitur grafik vektor.

Dalam program Microsoft Visio ini terdapat banyak macam template diagram yang bisa kamu pakai. Selain itu, kamu bisa menambahkan sesukamu.


Microsoft Publisher [Tampilkan | Sembunyikan]

Microsoft Publisher merupakan program aplikasi yang berhubungan dengan kegiatan publishing. Dengan aplikasi ini kamu dapat membuat majalah, koran, banner, mading, poster dan lainnya.

Banyak template menarik dengan teks dan gambar yang profesional. Selain itu, program aplikasi ini sangat mudah dioperasikan bagi pemula.


Microsoft InfoPath [Tampilkan | Sembunyikan]

Untuk jenis Microsoft Office yang lain adalah Microsoft InfoPath. Aplikasi ini berfungsi untuk pengembangan formulir data berbasis XML. Melalui program aplikasi ini kamu dapat merancang, mendistribusikan, mengisi dan mengirimkan formulir elektronik yang berisi data terstruktur.




catatan: disarikan dari berbagai sumber


Tugas [Tampilkan | Sembunyikan]
Microsoft Office tidak hanya bisa digunakan sendiri-sendiri tetapi juga bisa dikolaborasikan satu sama lain.

Misalnya: saya membuat diagam alir untuk SOP suatu pekerjaan menggunakan Microsoft Visio. Setelah itu, diagram alir tersebut saya pindahkan ke Microsoft Word untuk dibuat Surat Keputusan terkait Urjab.

Ceritakan secara singkat kolaborasi antar aplikasi semacam itu yang pernah Anda lakukan di kantor.

Jika merasa belum pernah, silakan ceritakan secara singkat kolaborasi antar aplikasi semacam itu yang mungkin bisa Anda lakukan di kantor.

Tuliskan di kolom komentar di bawah ini.

Silakan menggunakan Nama Lengkap.



20 komentar:

  1. Faris Abdulaziz Anz10 Oktober 2022 pukul 08.47

    Kolaborasi yang pernah saya lakukan yaitu ketika saya harus mencetak banyak surat untuk dikirimkan ke Wajib Pajak.
    Seluruh data Wajib Pajak tersusun lengkap di Microsoft Excel lalu dihubungkan ke konsep surat yang sudah ada di Microsoft Word menggunakan fitur Mail Merge.

    BalasHapus
  2. Kolaborasi antara powerpoint dengan excel, yaitu membuat hyperlink tabel excel pada slide PPT

    BalasHapus
  3. Kolaborasi antar aplikasi yang pernah saya lakukan adalah menyisipkan bagan dari lembar Excel ke dalam dokumen Word dan membuat hyperlink dokumen excel ke power point

    BalasHapus
  4. Rifki Akhmad Ma'sum10 Oktober 2022 pukul 09.05

    Kolaborasi yang sering saya gunakan adalah antara microsoft excel dan word yaitu dengan menggunakan fitur mail merge. Beberapa file yang menggunakan fitur ini adalah cover laporan, Nota Dinas pengiriman laporan dan surat undangan. Fitur ini sangat memudahkan dan mempercepat pekerjaan karena kita tidak perlu lagi menulis ulang dokumen yang memiliki template yang sama.
    Selain itu dalam pembuatan laporan, beberapa data saya olah terlebih dahulu dalam excel menggunakan pivot table untuk selanjutnya saya pindahkan ke dalam word laporan dengan tampilan tabel yang sudah jadi.

    BalasHapus
  5. PURWITO ADI NUGROHO10 Oktober 2022 pukul 09.06

    Kolaborasi yang pernah saya gunakan adalah ketika membuat data berbentuk tabel di microsoft excel yang kemudian data tersebut saya pindahkan ke microsoft word

    BalasHapus
  6. Kurnia Kusuma Syafitri10 Oktober 2022 pukul 09.07

    Penggunaan kolaborasi antar aplikasi yang pernah saya lakukan adalah saat membuat bahan paparan mengenai monitoring capaian kinerja untuk dilaksankan pada saat kegiatan Liaison Officer ke KPP yaitu memadukan antara microsoft excel dan microsoft power point. Dimana data capaian penerimaan dan iku dari aplikasi akan terlebih dahulu diolah dan dirapikan menggunakan microsoft excel lalu baru dimasukkan pada bahan paparan pada aplikasi microsoft power point.

    BalasHapus
  7. Kolaborasi yang pernah saya lakukan adalah membuat kertas kerja penilaian/kertas kerja pemeriksaan menggunakan aplikasi Excel kemudian kertas kerja tersebut dilampirkan pada laporan yang dibuat pada aplikasi Word.

    BalasHapus
  8. Ulfah Pinky Kartiko10 Oktober 2022 pukul 09.17

    Kolaborasi yang pernah saya lakukan di kantor adalah membuat konsep surat di Ms Word terkait Daftar Pengeluaran Rutin dan Daftar Biaya Perjalanan Dinas dengan menggunakan fitur Mail Merge yang data nya diambil dari file Ms Excel.

    BalasHapus
  9. Kolaborasi yang pernah dilakukan yaitu dengan menulis konsep surat di Ms Word, dengan daftar penerima surat sudah diolah di Ms Excel, selanjutnya menggunakan fitur Mail Merge di Ms Word utk mencetak surat dengan penerima surat sesuai daftar di Ms Excel.

    BalasHapus
  10. Arsa Kurnia Prastadi10 Oktober 2022 pukul 09.23

    Selama menggunakan Microsoft office lebih sering menggunakan aplikasi excel dan word, terurama excel kita biasa membuat tabel yang kemudian kita insertkan di microsoft word untuk membuat paparan. selain dalam pembuatan paparan sering kita menulis alamat atau data yang kemudian kita buatkan mailmerge pada surat atau amplop pengiriman surat

    BalasHapus
  11. Kolaborasi aplikasi yang sering saya lakukan adalah pencetakan alamat surat pada amplop surat dengan menggunakan mail merge pada word dari data yang sudah dibuat pada excel.

    BalasHapus
  12. Kolaborasi yang pernah dan sering saya lakukan tentunya kolaborasi antara Ms Word dan Ms Excel yang biasa disebut mail merge.

    BalasHapus
  13. kolaborasi yang saya lakukan membuat tabel data dengan excel lalu memasukkannya ke laporan dalam word atau ke bahan paparan di powerpoint

    BalasHapus
  14. Renata Magdalena P10 Oktober 2022 pukul 09.42

    Kolaborasi yang pernah saya lakukan yaitu antara Ms Word dan Ms excel untuk pengolahan data dan penyajiannya seperti pembuatan tabel dan mail merge

    BalasHapus
  15. Kolaborasi yang sering saya lakukan adalah ketika membuat grafik atau data tabel pada Microsoft Powerpoint. Data Grafik atau tabel tersebut dapat diedit menggunakan opsi Excel, sehingga memudahkan penginputan data serta hal-hal lain terkait data tersebut.

    BalasHapus
  16. Kolaborasi yang biasa dilakukan dengan membuat tabel data pada Ms Excel dan mengintegrasikan ke Ms Word untuk membuat konsep surat melalui fitur Mail Merge.

    BalasHapus
  17. WAHYU ASY'RI ASY'ARI10 Oktober 2022 pukul 09.59

    Kolaborasi yang biasanya kami lakukan antara Ms.Excel dan Ms.Word, terkait data mail merge di MS.Word, dan penggunaan tabel di MS.Word menggunakan Ms.Excel karena bisa diberikan formula. kolaborasi Ms.PowerPoint dan Ms.Excel terkait data tabel juga untuk grafik.

    BalasHapus
  18. Kolaborasi antara Excel dan power poin. Mengolah data dengan excel kemudian di insert atau di copas ke power point

    BalasHapus
  19. Endang Triyani Gultom10 Oktober 2022 pukul 10.52

    Kolabosarasi yang pernah saya lakukan di Microsoft Office yaitu:
    1. Ms.Excel dan Ms.Word : membuat surat dengan Mail Merge
    2. Ms.Excel dan Ms.Powerpoint : membuat presentasi dengan menghubungkan ke tabel Excel. Ketika data di Ms.Excel diupdate, data di Ms.Powerpoint juga update secara otomatis.

    BalasHapus
  20. TITO DONNYA SATRIA10 Oktober 2022 pukul 10.59

    Kolaborasi yang pernah saya buat adalah mail merge, membuat tabel lalu di insert pada word dan power point

    BalasHapus

Silakan Ajukan Pertanyaan atau Komentar atau Saran di kolom ini.
Mohon menuliskan nama lengkap dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan sopan.

Diberdayakan oleh Blogger.